Pengalaman mengikuti program DevHandal Batch #1 dan tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud

Konten [Tampil]

 



Halo sobat blogger 😊semuanya dimanapun kalian berada, pada postingan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam mengikuti Sertifikasi IT bersama Alibaba Cloud dan Tim Expert Developer yakni Codepolitan. Alhamdulillah pada kesempatan yang baik ini saya telah berhasil mendapatkan Sertifikat pada Tahap awal menuju kesempatan Beasiswa dari Alibaba Cloud selama 1 tahun.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya mengikuti program DevHandal Batch #1 yang diselenggarakan oleh CodePolitan bekerja sama dengan Alibaba Cloud. Program ini menawarkan beasiswa full-stack JavaScript dan sertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud.

Saya sangat tertarik untuk mengikuti program ini karena saya ingin meningkatkan keterampilan saya di bidang cloud computing. Saya juga ingin mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari Alibaba Cloud.

Proses pendaftaran program DevHandal cukup mudah. Saya hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan portofolio saya. Setelah lolos seleksi administrasi, saya mengikuti tes online untuk menguji pemahaman saya tentang JavaScript. Tes ini terdiri dari beberapa soal pilihan ganda dan soal uraian.

Materi pelatihan program DevHandal mencakup berbagai konsep dan keterampilan cloud computing, seperti:

  • Compute: Mengenal berbagai jenis layanan komputasi cloud, seperti Elastic Compute Service (ECS) dan Container Service for Kubernetes (ACK).
  • Storage: Mengenal berbagai jenis layanan penyimpanan cloud, seperti Object Storage Service (OSS) dan Relational Database Service (RDS).
  • Network: Mengenal berbagai jenis layanan jaringan cloud, seperti Virtual Private Cloud (VPC) dan Elastic Load Balancing (ELB).
  • Database: Mengenal berbagai jenis layanan database cloud, seperti RDS dan Redis.
  • Machine Learning: Mengenal berbagai layanan machine learning cloud, seperti Object Storage Service (OSS) dan Relational Database Service (RDS).
Pelatihan dilakukan secara online melalui platform Alibaba Cloud dan CodePolitan. Materi pelatihan disampaikan dalam bentuk video tutorial, dan petunjuk modul.

Saya sangat terbantu dengan materi pelatihan yang disampaikan secara jelas dan sistematis. Saya juga mendapatkan banyak kesempatan untuk berdiskusi dengan para mentor dan teman-teman dari berbagai latar belakang.

Salah satu pengalaman pribadi yang paling berkesan selama mengikuti program DevHandal adalah ketika saya berhasil menyelesaikan proyek akhir saya untuk menyelesaikan misi mendapatkan sertifikat ECS.

Proyek yang saya buat diantranya deploy web Wordpress dengan mysql, maria DB dari dengan server linux centOS. Hal ini menjadi pengalaman sangat menarik ketika dapat mempublikasikan web yang menggunakan berbagai layanan cloud computing dari Alibaba Cloud. 

Saya sangat senang dengan hasil kerja saya, dan saya merasa bangga karena telah berhasil menyelesaikan proyek ini.

Saya sangat berterima kasih kepada CodePolitan dan Alibaba Cloud yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti program ini. Program ini telah memberikan saya pengetahuan dan keterampilan yang berharga untuk mengembangkan karier saya di bidang cloud computing.

Berikut adalah beberapa tips untuk sukses dalam ujian sertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud:
  • Pelajari materi pelatihan dengan cermat dan berulang-ulang.
  • Lakukan latihan soal sebanyak-banyaknya.
  • Jangan lupa untuk beristirahat dan menjaga kesehatan .
  • Selain tips di atas, saya juga ingin menambahkan beberapa informasi penting untuk mengikuti program DevHandal.
Materi pelatihan program DevHandal berfokus pada materi dasar cloud computing.
Berikut adalah gambaran tampilan kelas yang saya dapatkan :



Saya melihat Program ini belum mencakup materi lanjutan cloud computing, seperti machine learning dan big data lanjutan.
Untuk mengikuti program ini, teman-teman harus memiliki kartu kredit atau kartu debit yang diterbitkan oleh bank Indonesia biasanya ditandai dengan tulisan VISA, Master Card, contohnya saya menggunakan bank Blu.

Dalam pelatihan ini benyak kesempatan yang akan kita dapatkan dengan berbagai macam doorprize, mau tau apa aja doorprizenya? 
cek langsung di devhandal.

Yes, itu tuh gambar doorprize yang akan kita dapatkan jika kita berhasil mengumpulkan point minimal 650 maka kita akan dapat kesempatan ikut luckydraw.
oh ia, buat teman-teman yang belum mendapatkan kesempatan untuk join di batch 1# jangan khawtir karen menurut informasi yang saya dapatkan nantinya akan ada batch #2 yang kemungkinan diselenggaran setiap satu tahun sekali, jadi panteingin terus program devhandal dari codepolitan ini, oh teman-teman bisa join di telegramnya disini.

Terakhir, jangan khawatir bagi teman-teman yang mengalami kendala pada program ini, karena kita bisa berkomunikasi di grup telegram bersama Tim Developer Handal, link nya tersedia di web Developer Handal. Yuk, tunggu apalagi sebelum ketinggalan karena Kuota Berbatas dan akan habis jika kita tidak segera dafar 👀

Demikianlah artikel saya kali ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat khsususnya buat saya pribadi dan untuk teman-teman.

Salam, Semangat terus berjuang!

Previous Post Next Post