Apa itu blogger?

Konten [Tampil]

Apakah Anda merupakan seorang blogger, atau masih asing dengan istilah ini? Sederhananya, blogger adalah pembuat atau pengelola blog. Namun, blogger juga dapat diartikan sebagai layanan blogging dari Google.

Pengertian Blogger 

Singkatnya, Blogger adalah sebuah platform layanan penerbitan blog yang dimiliki Google sejak tahun 2003. Sebelumnya, platform blogger.com diciptakan oleh Jorn Barger dan sudah ada sejak 1999. Blogger banyak diminati karena dapat digunakan secara mudah dan gratis. Bisa dikatakan, Blogger adalah platform penggagas blog pertama kali. Karena itulah, kemudian muncul istilah blogger yang digunakan untuk merujuk orang atau pembuat blog. Ciri khusus platform blogger adalah penggunaan domainnya yang umumnya menggunakan (dot)blogspot(dot)com.

Fitru Blogger

Blogger adalah platform blog yang mudah digunakan. Ada beberapa fitur yang bisa menunjang tulisan Anda, agar semakin menarik untuk dibaca. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di Blogger:

1. Template Design

Fitur pertama yang harus Anda tahu dalam blogger adalah tersedianya berbagai template design untuk laman blog. Template ini disediakan secara gratis dalam berbagai pilihan warna, gaya, dan bentuk. Anda juga dapat melakukan custom tema blog agar sesuai dengan keinginan dan tema blog yang akan dibuat. 

2. Layout Setting

Fitur selanjutnya yang ada pada blogger adalah layout setting. Fitur ini dapat membuat pengguna bebas mengatur layout halaman blog mereka, mulai dari menu, widget, serta opsi lainnya untuk membuat halaman blog semakin menarik.

3. Blogging by phone

Selain dapat diakses melalui browser pada PC/Laptop, Anda juga bisa mengakses Blogger menggunakan HP. Fitur blog satu ini adalah inovasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses Blogger kapan pun dan di mana pun. Meskipun menggunakan HP, Anda tetap bisa mengakses semua fitur dan layanan pada Blogger, sama halnya dengan mengakses lewat desktop.

4. Stats Tab Stats 

Tab pada blogger adalah fitur yang bisa Anda gunakan untuk melihat hasil analisis traffic dari unggahan blog. Semakin sering orang membaca dan mengunjungi blog Anda, maka analisis yang muncul akan menunjukkan kenaikan traffic. 

5. Earnings 

Tab Fitur lain yang ada pada blogger adalah earnings tabs dapat digunakan jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang sudah dibuat. Fitur ini dapat diaktifkan apabila Anda berlangganan paket premium dari Blogger. Uang yang dihasilkan dari blog didapatkan dari penempatan ads atau iklan pada blog Anda.

Previous Post Next Post